Senin, 10 Januari 2011

SILABUS & RPP B. INDO

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)

B. Indikator
• Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

C. Materi Pokok
• artikel/ buku
• pokok-pokok isi artikel/ buku
• hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku
• argumentasi pendapat

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Orientasi teknik menyampaikan informasi
Inti
• Membaca artikel/ buku
• Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
Penutup
Penguatan keterampilan berbicara dengan latihan-latihan 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. Buku/ artikel dari media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• praktik
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

B. Indikator
• Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
• Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
• Menemukan letak ide pokokik paragraf induktif dan deduktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf induktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf
induktif dan deduktif

C. Materi Pokok

Contoh-contoh paragraf yang berpola deduktif dan induktif
• kalimat utama
• kalimat penjelas
• kalimat kesimpulan
• ciri paragraf deduktif/ induktif
• perbedaan deduktif dengan induktif

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2







3
Pendahuluan
Pengantar konsep paragraf deduktif dan induktif
Inti
• Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf deduktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
• Menemukan letak ide pokok paragraf
Penutup
Penguatan keterampilan membaca intensif paragraf deduktif dan induktif 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. Buku yang terkait dengan paragraf artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelomp
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat

Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa

B. Indikator

• Mendaftar jenis surat niaga
• Menulis surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Menjelaskan isi surat jual-beli dan surat kuasa
• Memperbaiki surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

C. Materi Pokok
Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• ciri-ciri surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• unsur-unsur surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• sistematika surat perjanjuan jual bei dan surat kuasa

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Pengantar konsep surat niaga dan ilustrasinya
Inti
• Mendaftar jenis surat Niaga
• Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• Menulis surat perjanjian jual beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
• Memperbaiki surat perjanjian jual beli dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Penutup
Penguatan keterampilan menulis surat niaga
5 menit


70 menit







15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi

E. Media
1. Buku yang terkait dengan surat-menyurat, buku EyD
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
3. tugas kelompok
4. ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
5. pilihan ganda

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat

B. Indikator
• Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
• Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
• Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

C. Materi Pokok
Teks hikayat
• ciri-ciri hikayat
• unsur-unsur intrinsic ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2







3
Pendahuluan
Pengantar konsep struktur hikayat
Inti
• Membaca teks hikayat
• Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
• Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
• Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
Penutup
Penguatan pemahaman isi cerita hikayat dengan analisis unsur intrinsik dan ekstrinsiknya
5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri


E. Media
1. Buku hikayat
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar

B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
• Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

C. Materi Pokok
Sambutan atau khotbah
• pokok-pokok isi sambutan
• ringkasan sambutan/ khotbah
• tanggapan isi sambutan/ khotbah
D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi waktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi sambutan/ khotbah
Inti
• Mendengarkan sambutan atau khotbah
• Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
• Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah
Penutup
Penguatan internalisasi poko-pokok isi sambutan/ khotbah
5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri
E. Media
1. tape/ kaset khotbah
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,
F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat
Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu

B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
• Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

C. Materi Pokok
Wawancara melalui radio atau televisi
• isi pokok wawancara
• cara merangkum hasil wawancara
• tanggapan isi wawancara

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi wawancara
Inti
• Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
• Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara
Penutup
Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. Rekaman wawancara di radio/ televisi
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat
Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
4.3 Menulis surat surat kuasa

B. Indikator

• Mengenal surat
• Kuasa
• Mendaftar cirri-ciri surat kuasa
• Mencatat hal-hal yang akaan dituliskan dalam surat kuasa
• Menulis surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Menjelaskan isi surat kuasa
• Memperbaiki surat kuasa tulisan teman

C. Materi Pokok
Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• ciri-ciri surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• unsur-unsur surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• sistematika surat perjanjuan jual bei dan surat kuasa

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Pengantar konsep surat kuasa dan ilustrasinya
Inti
• Mengenal surat Kuasa
• Mendaftar ciri-ciri surat kuasa
• Menulis dan memperbaiki surat kuasa
• Mendiskusikan surat kuasa yang telah dibuat
Penutup
Penguatan keterampilan menulis surat kuasa
5 menit


70 menit







15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi


E. Media
1. Buku yang terkait dengan surat-menyurat, buku EyD
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
3. tugas kelompok
4. ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
5. pilihan ganda
jawaban singkat

Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

B. Indikator
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

C. Materi Pokok
Naskah drama
• gerak (action)
• mimik/ pantomimik
• blocking
• tata panggung
• tata busana
• tata bunyi
• tata lampu

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Pengantar teknik bermain drama
Inti
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
• Mendiskusikan penyampaian dialog teman
Penutup
Merencanakan pementasan drama 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi
demonstrai

E. Media
1. Teks drama
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,


F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
format pengamatan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan yang didengar
B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok isi sambutan yang didengarkan
• Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan

C. Materi Pokok
Sambutan atau khotbah
• pokok-pokok isi sambutan
• ringkasan sambutan
• tanggapan isi sambutan

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi waktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi sambutan
Inti
3. Mendengarkan sambutan
4. Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
5. Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan Menanggapi ringkasan isi sambutan
Penutup
Penguatan internalisasi poko-pokok isi sambutan
5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri
E. Media
1. tape/ kaset sambutan
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
3. uraian bebas
4. pilihan ganda
jawaban singkat

Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan beberapa narasumber terhadap topik tertentu

B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
• Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

C. Materi Pokok
Wawancara melalui radio atau televisi
• isi pokok wawancara
• cara merangkum hasil wawancara
• tanggapan isi wawancara

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi wawancara
Inti
• Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
• Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara
Penutup
Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. Rekaman wawancara di radio/ televisi
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan

B. Indikator
• Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur proposal
• Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
• Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan

C. Materi Pokok
• Contoh proposal
• unsur-unsur proposal
• sistematika proposal

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Pengantar konsep proposal
Inti
• Membaca contoh proposal
• Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal
• Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat kalimat tunggal dan sistematika yang benar
• Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan
Penutup
Penguatan keterampilan menulis proposal dengan berbagai latihan 5 menit

70 menit









15 menit Ceramah
Tanya jawab
diskusi
demonstrasi

E. Media
1. buku yang terkait dengan proposal
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
6. uraian bebas
7. pilihan ganda
jawaban singkat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi

B. Indikator

Menulis resensi novel dengan memperhatikan
 identitas buku
 kepengarangan
 keunggulan buku
 kelemahan buku
 ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

C. Materi Pokok

Prinsip-prinsip penulisan resensi
 identitas buku
 kepengarangan
 keunggulan buku
 kelemahan buku
ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2







3
Pendahuluan
Pengantar teknik penulisan resensi
Inti
Menulis resensi novel dengan memperhatikan
 identitas buku
 kepengarangan
 keunggulan buku
 kelemahan buku
 ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Penutup
Penguatan keterampilan menulis resensi 5 menit


70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi


E. Media
1. buku yang terkait dengan resensi, media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat


Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

B. Indikator
• Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
• Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
• Menemukan letak ide pokokik paragraf induktif dan deduktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf induktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf
induktif dan deduktif

C. Materi Pokok

Contoh-contoh paragraf yang berpola deduktif dan induktif
• kalimat utama
• kalimat penjelas
• kalimat kesimpulan
• ciri paragraf deduktif/ induktif
• perbedaan deduktif dengan induktif

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2







3
Pendahuluan
Pengantar konsep paragraf deduktif dan induktif
Inti
• Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf deduktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
• Menemukan letak ide pokok paragraf
Penutup
Penguatan keterampilan membaca intensif paragraf deduktif dan induktif 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. Buku yang terkait dengan paragraf artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelomp
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat


Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara

B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

C. Materi Pokok
Wawancara melalui radio atau televisi
• isi pokok wawancara
• cara merangkum hasil wawancara
• tanggapan isi wawancara

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi wawancara
Inti
• Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
• Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara
Penutup
Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. rekaman wawancara di radio/ televisi
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
3. uraian bebas
4. pilihan ganda
jawaban singkat




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca buku

B. Indikator

• Mendata pokok-pokok isi buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dalam buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

C. Materi Pokok
• artikel/ buku
• pokok-pokok isi buku
• hal-hal yang menarik dalam buku
• argumentasi pendapat

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Orientasi teknik menyampaikan informasi
Inti
• Membaca buku
• Mendata pokok-pokok isi buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi buku dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dalam buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
Penutup
Penguatan keterampilan berbicara dengan latihan-latihan 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. Buku ilmu pengetahuan populer
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,


F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• praktik
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
format pengamatan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi novel asatra/novel populer

B. Indikator

Menulis resensi novel dengan memperhatikan
 identitas buku
 kepengarangan
 keunggulan buku
 kelemahan buku
ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

C. Materi Pokok

Prinsip-prinsip penulisan resensi
 identitas buku
 kepengarangan
 keunggulan buku
 kelemahan buku
ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2







3
Pendahuluan
Pengantar teknik penulisan resensi novel
Inti
Menulis resensi novel dengan memperhatikan
 identitas buku
 kepengarangan
 keunggulan buku
 kelemahan buku
 ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Penutup
Penguatan keterampilan menulis resensi 5 menit


70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi


E. Media
1. buku yang terkait dengan resensi, media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
3. tugas kelompok
4. ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
5. pilihan ganda
jawaban singkat


Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)
B. Indikator
• Mendta pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan

C. Materi Pokok
• artikel/ buku
• pokok-pokok isi artikel/ buku
• hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku
• argumentasi pendapat
D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Orientasi teknik menyampaikan informasi
Inti
• Membaca artikel/ buku
• Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
Penutup
Penguatan keterampilan berbicara dengan latihan-latihan 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. buku/ artikel dari media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,
F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• praktik
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
format pengamatan

Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki

B. Indikator

• Menentukan topik atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
• Menyusun kerangka/ sistematika karya tulis
• Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

C. Materi Pokok

Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
• unsur-unsur karya tulis
• daftar pustaka
• catatan kaki
• sistematika karya tulis


D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1


2








3
Pendahuluan
Pengantar konsep karya tulis serta fungsi daftar pustaka dan catatan kaki
Inti
• Membaca contoh karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka dan catatan kaki *
• Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
• Menuliskan karya tulis dengan sistematika yang benar
• Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Penutup
Penguatan keterampilan mengutip sumber dengan teknik penyusunan daftar pustaka dan catatan kaki dalam karya tulis 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. Buku yang terkait dengan karya ilmiah , dan buku EyD
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• ulangan
• tugas individu

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat


Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
2.6 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu

B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
• Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

C. Materi Pokok
Wawancara melalui radio atau televisi
• isi pokok wawancara
• cara merangkum hasil wawancara
• tanggapan isi wawancara

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi wawancara
Inti
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu *
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
• Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
• Mendiskusikan rangkuman hasil wawancara
Penutup
Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
E. Media
1. Reawancara di radio/ televisi
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
3. uraian bebas
4. pilihan ganda
jawaban singkat
Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan

B. Indikator
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel terjemahan
• Membandingkan unsur-nekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

C. Materi Pokok
Novel Indonesia dan novel terjemahan
• unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
• unsur ektrinsik dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll)

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep struktur novel
Inti
• Membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia dan terjemahan
• Membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia
Penutup
Penguatan pemahaman isi cerita novel dengan analisis unsur intrinsik dan ekstrinsiknya 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. novel Indonesia, novel terjemahan
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
3. uraian bebas
4. pilihan ganda
jawaban singkat

Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif

B. Indikator
• Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
• Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
• Menemukan letak ide pokokik paragraf induktif dan deduktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf induktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf
induktif dan deduktif

C. Materi Pokok

Contoh-contoh paragraf yang berpola deduktif dan induktif
• kalimat utama
• kalimat penjelas
• kalimat kesimpulan


• ciri paragraf deduktif/ induktif
perbedaan deduktif dengan induktif

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2







3
Pendahuluan
Pengantar konsep paragraf deduktif dan induktif
Inti
• Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf deduktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
• Menemukan letak ide pokok paragraf
Penutup
Penguatan keterampilan membaca intensif paragraf deduktif dan induktif 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. buku yang terkait dengan paragraf artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelomp
• ulangan

Bentuk Instrumen:
3. uraian bebas
4. pilihan ganda
jawaban singkat


Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
4.4 Menulis surat dagang dan surat kuasa

B. Indikator
• Mendaftar jenis surat niaga
• Menulis surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Menjelaskan isi surat jual-beli dan surat kuasa
• Memperbaiki surat perjan-jian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

C. Materi Pokok
Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• ciri-ciri surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• unsur-unsur surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• sistematika surat perjanjuan jual bei dan surat kuasa

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Pengantar konsep surat niaga dan ilustrasinya
Inti
• Mendaftar jenis surat Niaga
• Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• Menulis surat perjanjian jual beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
• Memperbaiki surat perjanjian jual beli dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Penutup
Penguatan keterampilan menulis surat niaga
5 menit


70 menit







15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi

E. Media
1. Buku yang terkait dengan surat-menyurat, buku EyD
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
3. tugas kelompok
4. ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
5. pilihan ganda
jawaban singkat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
5.1 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan

B. Indikator
• Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
• Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
• Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
• Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
Menjelaskan tata lampu

C. Materi Pokok

Pementasan drama
• gerak (action)
3. mimik/ pantomimik
4. blockng
5. tata panggung
6. tata busana
7. tata bunyi
8. tata lampu

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2







3
Pendahuluan
Pengantar teknik pementasan drama
Inti
• Menonton pementasan drama
• Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
• Menganalisis tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu
Penutup
Penguatan pemahaman isi drama dengan analisis pementasan drama 5 menit

70 menit







15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. pementasan drama, rekaman video
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat


Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar

B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
• Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

C. Materi Pokok
Sambutan atau khotbah
• pokok-pokok isi sambutan
• ringkasan sambutan/ khotbah
• tanggapan isi sambutan/ khotbah

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi waktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi sambutan/ khotbah
Inti
3. Mendengarkan sambutan atau khotbah
4. Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
5. Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
6. Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah
Penutup
Penguatan internalisasi poko-pokok isi sambutan/ khotbah
5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. tape/ kaset khotbah
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,
F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan

Bentuk Instrumen:
1. uraian bebas
2. pilihan ganda
3. jawaban singkat

Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah












SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit

B. Indikator
• Membaca cepat 300 kata per menit
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
• Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan

C. Materi Pokok
Teks terdiri atas 600 atau 900 kata
• teknik membaca cepat
• fungsi membaca cepat
• rumus membaca cepat

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2




3
Pendahuluan
Pengantar teknin membaca cepat
Inti
• Membaca cepat teks
• Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
• Mengungkapkan pokok-pokok isi bacaan
Penutup
Penguatan pemahaman isi bacaan dan pengukuran kecepatan membaca
5 menit

70 menit




15 menit
Ceramah
Tanya jawab
simulasi
inkuiri
demonstrasi


E. Media
1. artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• pertanyaan tertulis
• lisan
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• pilihan ganda
• uraian bebas
• jwaban sinkat


Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
12.3 Menulis karya ilmiah (hasil pengamatan)

B. Indikator
• Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
• Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan)
• Menyusun kerangka karya tulis
• Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
• Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

C. Materi Pokok
Beberapa karya tulis hasil pengamatan
• unsur-unsur karya ilmiah

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Pengantar teknik penulisan karya ilmiah
Inti
• Mengadakan penelitian tentang sesuatu
• Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan)
• Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
• Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman
Penutup
Penguatan keterampilan menulis dan menyunting karya ilmiah
5 menit

70 menit





15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi demonstrasi

E. Media
1. buku yang terkait dengan karya ilmiah
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar

B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok isi uraian atau pnjelaasan teman
• Merangkum seluruh isi pembicaraan teman
• Menuliskan tanggapan pribadi kepada teemman dalam bentuk memo

C. Materi Pokok
Gagasan para pembicara dalam diskusi
• pokok-pokok isi
• rangkuman

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi dalam diskusi
Inti
• Menyorotti sutu masalah untuk bahan diskusi
• Menctat pokok-pokok isi pembicraan dalam disksusi
• Merangkum isi pemmbicaraan dalam diskusi
• Mengomentari peendapaat seseorang dalam diskusi
Penutup
Penguatan keterampilan merangkum isi wawancara 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. Model diskusi
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan


Bentuk Instrumen:
3. uraian bebas
4. pilihan ganda
5. jawaban singkat




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama

B. Indikator
• Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
• Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
• Menghidupkan konflik
• Memunculkan penampilan (performance)

C. Materi Pokok
Teks drama
• unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik)

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi penulisan naskah drama
Inti
• Membaca drama
• Menulis teks drama (dengan menggunakan bahasa yang sesuai) untuk:
• Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
• Menghidupkan konflik
• Memunculkan penampilan (performance)
Penutup
Penguatan keterampilan menulis deskripsi perilaku tokoh 5 menit

70 menit







15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi

E. Media
1. buku drama
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas invidu
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
12.3 Menulis karya ilmiah (seperti hasil penelitian)

B. Indikator
• Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
• Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan penelitian)
• Menyusun kerangka karya tulis
• Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
• Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

C. Materi Pokok
Beberapa karya tulis hasil penelitian
• unsur-unsur karya ilmiah
D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Pengantar teknik penulisan karya ilmiah
Inti
• Mengadakan penelitian tentang sesuatu
• Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan penelitian)
• Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
• Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman
Penutup
Penguatan keterampilan menulis dan menyunting karya ilmiah
5 menit

70 menit





15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi demonstrasi

E. Media
1. buku yang terkait dengan karya ilmiah
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
3. uraian bebas
4. pilihan ganda
jawaban singkat




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif

B. Indikator
• Menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial
• Membedakan fakta dengan opini
• Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial

C. Materi Pokok
Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah
• fakta
• opini
D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2



3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi editorial
Inti
• Membaca tajuk rencana atau editorial
• Mendiskusikan fakta dan opini dalam tajuk rencana atau editorial
Penutup
Penguatan pemahaman isi dan struktur editorial/ tajuk
5 menit

70 menit



15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• jawaban singkat, pilihan ganda




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
14.1 Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama

B. Indikator
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
• Menanggapi penampilan dialog para tokoh dalam pementasan drama

C. Materi Pokok
Teks drama
• penghayatan watak
• pengekspresian dialog

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Pengantar teknik bermain drama
Inti
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
• Mendiskusikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
Penutup
Penguatan keterampilan mengekspresikan dialog
5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi demonstrasi

E. Media
1. Teks drama
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan

B. Indikator
• Mengidentifikasi alur , penokohan, dan latar cerpen yang didengar
• Mendiskusikan alur, penokohan, dan latar cerpen

C. Materi Pokok
Cerpen yang dibacakan
• unsur-unsur cerpen (alur, penokohan, dan latar)

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi unsur-unsur intrinsik cerpen
Inti
• Mendengarkan cerpen yang dibacakan teman
• Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam cerpen yang didengar
• Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen
• Melaporkan hasil diskusi
Penutup
Penguatan keterampilan mendengarkan dan memahami isi cerpen yang disimak 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri
simulasi

E. Media
1. buku kumpulan cerpen
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar

B. Indikator
• Mengajukan pertanyaan
• Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
• Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan

C. Materi Pokok
Komentar para pembicara
• cara memberikan komentar
• esensi komentar
• prinsip-prinsip berkomentar

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Penyajian contoh diskusi/ seminar dengan topik tertentu
Inti
• Mendengarkan pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar
• Mencatat pokok-pokok pendapat
• Mengajukan pertanyaan yang relefan
• Mengomentari pendapat sesuai esensinya

Penutup
Penguatan pemahaman pendapat orang lain dan mengomentarinya dengan komentar yang relevan 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi
demonstrasi

E. Media
1. televisi/ gagasan para pembicara
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
12.1 Menulis rangkuman/ ringkasan isi buku

B. Indikator
• Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
• Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
• Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

C. Materi Pokok
Ringkasan buku nonfiksi

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Pengantar teknik menulis rangkuman/ ringkasn
Inti
• Membaca buku nonfiksi
• Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
• Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
• Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman
Penutup
Penguatan keterampilan menulis rangkuman/ ringkasan
5 menit

70 menit





15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. buku nonfiksi
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
11.3 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif

B. Indikator
• Menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial
• Membedakan fakta dengan opini
• Mengungkapkan isi tajuk rencana/editorial

C. Materi Pokok
Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah
• fakta
• opini
D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2



3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi editorial
Inti
• Membaca tajuk rencana atau editorial
• Mendiskusikan fakta dan opini dalam tajuk rencana atau editorial
Penutup
Penguatan pemahaman isi dan struktur editorial/ tajuk
5 menit

70 menit



15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. media cetak/ elektronik
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• jawaban singkat, pilihan ganda










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama

B. Indikator
• Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
• Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
• Menghadirkan latar yang mendukung adegan

C. Materi Pokok
• teks drama
3. unsur-unsur drama (tema, penokohan konflik

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1


2




3
Pendahuluan
Pengantar teknik dan ilustrasi penulisan adegan dalam naskah drama
Inti
• Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
• Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
• Menghadirkan latar yang mendukung adegan
Penutup
Penguatan keterampilan menulis menarasikan adegan dalam naskah drama 5 menit

70 menit





15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri
simulasi
demonstrasi

E. Media
1. buku drama
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
3. individu
4. ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
5. jawaban singkat
6. pilihan ganda







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

B. Indikator
• Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
• Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
• Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami

C. Materi Pokok
Contoh hasil penelitian
• langkah-langkah penelitian
• syarat-syarat penelitian

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi laporan hasil penelitian
Inti
• Melakukan penelitian sederhana
• Menulis hasil penelitian
• Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
• Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
• Mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan( setuju atau tidak setuju) dengan argumen yang kuat.
Penutup
Penguatan ketermapilan presentasi hasil penelitian
5 menit


75 menit







10menit Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi
demonstrasi

E. Media
1. buku yang terkait dengan penelitian
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu

Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format penilaian




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
10.2 Menyampaikan tanggapan presentasi penelitiian

B. Indikator
• Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
• Menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
• Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan
• Mengomentari tanggapan orang lain

C. Materi Pokok
Tanggapan para pembicara
• cara-cara memberikan komentar
D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi laporan hasil penelitian
Inti
• Mendengarkan presentasi hasil penelitian
• Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
• Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
Penutup
Latihan-latihan mengomentari tanggapan orang lain terhadap hasil penelitian 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi
demonstrasi

E. Media
1. buku yang berhubungan dengan penelitian
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan









\
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi panel

B. Indikator
• Mencatat pokok-pokok yang dibicarkan dalamm diskusi panel
• Menuliskan rangkumman yang berisi pendaapat atau saaraan yang muncul dalamm diuskusi
• Membahasa isi ranagkuman dalam kelompok

C. Materi Pokok
• Topik diskusi
• Gagasan para pembicara
• Pokok-pokok isi diskusi
• Rangkuman

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Penyajian contoh diskusi/ seminar dengan topik tertentu
Inti
• Membaca tteks sebagaai bahan diskusi
• Mediskusikan suatu topik dari berbagi sudut pandang
• Mencatat pokok-pokok yag dibicarakan dalam diskusi panel
• Menuliskan saran dan pendapat pada diskusi panel dalam rangkuman
Penutup
Penguatan keterampilan merangkum isi pembicaraan dalam diskusi/ seminar yang disimak
5 menit

70 menit





15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri
demonstrasi

E. Media
1. televisi/ gagasan para pembicara
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
3. tugas kelompok
4. ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
5. pilihan ganda
6. jawaban singkat




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
13. 2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan

B. Indikator
• Menemukan nilai moral, budaya, dan social dalam cerpen
• Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

C. Materi Pokok
Cerpen yang dibacakan
• nilai-nilai (moral, budaya, social, agama)

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2




3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi tentang nilai-nilai cerpen
Inti
• Menemukan nilai-nilai (moral, budaya, social) dalam cerpen
• Mendiskusikan nilai-nilai tersebut

Penutup
Penguatan keterampilan mendengarkan dan memahami nilai-nilai cerpen yang disimak
5 menit

70 menit




15 menit Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri
simulais

E. Media
1. buku kumpulan cerpen
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instumen:
• uraian bebas
• jawaban singkat
• pilihan ganda



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
12.1 Menulis rangkuman/ ringkasan isi buku

B. Indikator
• Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
• Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
• Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

C. Materi Pokok
Ringkasan buku nonfiksi

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Pengantar teknik menulis rangkuman/ ringkasn
Inti
• Membaca buku nonfiksi
• Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
• Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
• Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman
Penutup
Penguatan keterampilan menulis rangkuman/ ringkasan
5 menit

70 menit





15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. buku nonfiksi
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
3. uraian bebas
4. pilihan ganda
5. jawaban singkat








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
9.2 Mendengarkan diskusi dan mengomentari pendapat

B. Indikator
• Mengajukan pertanyaan
• Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
• Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan

C. Materi Pokok
Komentar para pembicara
• cara memberikan komentar
• esensi komentar
• prinsip-prinsip berkomentar

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2






3
Pendahuluan
Penyajian contoh diskusi/ seminar dengan topik tertentu
Inti
• Mendengarkan pendapat seseorang dalam diskusi/ seminar
• Mencatat pokok-pokok pendapat
• Mengajukan pertanyaan yang relefan
• Mengomentari pendapat sesuai esensinya

Penutup
Penguatan pemahaman pendapat orang lain dan mengomentarinya dengan komentar yang relevan 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
simulasi
demonstrasi

E. Media
1. televisi/ gagasan para pembicara
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
3. tugas kelompok
4. tugas individu
5. ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
6. pilihan ganda
7. jawaban singkat





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
15.2 Membaca dan membandingkan novel dengan hikayat

B. Indikator
• Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
• Menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan
• Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan

C. Materi Pokok
• ciri-ciri hikayat
• ciri-ciri novel Indonesia
• ciri-ciri novel terjemahan
• unsur-unsur hikayat
• unsur-unsur novel

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1


2







3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel
Inti
• Membaca hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan
• Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
• Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan terjemahan
• Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan dengan hikayat
Penutup
Penguatan pemahaman ciri khusus novel (Indonesia/ terjemahan) dan hikayat 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
eksplorasi
inkuiri



E. Media
1. buku hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat


Pati, 12 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


Dra. Muntamah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar

B. Indikator
• Mencatat topik diskusi
• Mencatat pokok-pokok pembicaraan (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya)
• Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
• Menanggapi rangkuman yang dibuat teman

C. Materi Pokok
Topik diskusi
1. Gagasan para pembicara
2. Pokok-pokok isi diskusi
3. Rangkuman

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2





3
Pendahuluan
Penyajian contoh diskusi/ seminar dengan topik tertentu
Inti
• Mendengarkan diskusi/ seminar dengan tema/ topik tertentu
• Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
• Menanggapi rangkuman yang dibuat teman
Penutup
Penguatan keterampilan merangkum isi pembicaraan dalam diskusi/ seminar yang disimak
5 menit

70 menit





15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri
demonstrasi

E. Media
1. televisi/ gagasan para pembicara
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
3. tugas kelompok
4. ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
5. pilihan ganda
6. jawaban singkat






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
12.2 Menulis notulen rapat

B. Indikator
• Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih
• Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
• Menulis notulen rapat

C. Materi Pokok
Contoh notulen rapat
• unsur-unsur notulen
• pola notulen


D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Pengantar konsep tentang notulen
Inti
• Mencermati beberapa notulen
• Mencatat perbedaan dan persammaaa notulen
• Menentukan pola penulisan notulen
• Mendengarkan fragmen rapat
• Menulis notulen rapat
Penutup
Penguatan pemahaman notulen rapat 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. Notulen rapat
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,

F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas Individu
• tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 90 menit

A. Kompetensi Dasar
15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh

B. Indikator
• Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
• Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
• Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
• Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut

C. Materi Pokok
Buku biografi tokoh sastra (sesuai dengan daerah masing-masing)*)
• hal-hal yang menarik
• perefleksian tokoh
• penentuan hal-hal yang dapat diteladani

D. Skenario Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi swaktu Metode
1

2








3
Pendahuluan
Pengantar konsep dan ilustrasi tentang biografi
Inti
• Membaca buku biografi tokoh sastra sesuai dengan daerah masing-masing
• Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
• Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
• Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
• Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut
Penutup
Penguatan pemahaman penghayatan biografi yang dibaca 5 menit

70 menit






15 menit
Ceramah
Tanya jawab
diskusi
inkuiri

E. Media
1. buku biografi
2. Buku Kompeten Berbahasa Indonesia,


F. Evaluasi

Jenis Tagihan:
• tugas Individu
• tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
jawaban singkat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar